Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Kota Baja
Kelas/Semester : 2/1
Tema : Makhluk hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ciri-Ciri Makhluk hidup (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
AGAMA
1. Menerima keesaan Allah Swt. berdasarkan
pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar
rumah dan sekolah.
2. Menunjukkan sikap kasih sayang dan
peduli terhadap sesama sebagai cerminan dari iman.
BAHASA INDONESIA
1. Mengenal
teks deskriptif tentang makhluk hidup dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
2. Memahami
dongeng tentang makhluk hidup yang dilisankan.
IPA
1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup serta hal-hal yang memengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
C.
INDIKATOR
AGAMA
1. Menjelaskan makhluk hidup ciptaan
Tuhan yang berada di lingkungan sekitar.
2. Mengaplikasikan sikap dan kasih
sayang dan peduli terhadap sesama.
BAHASA INDONESIA
1. Menerangkan
secara sederhana baik lisan maupun tulisan tentang pengertian makhluk hidup dan
ciri-cirinya.
2. Menceritakan kembali dongeng tentang
makhluk hidup secara sederhana.
IPA
1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan
kebutuhan makhluk hidup.
2. Menggolongkan makhluk hidup secara
sederhana.
D.
TUJUAN
-
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan makhluk hidup ciptaan
Tuhan yang berada di lingkungan sekitar.
-
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mengaplikasikan sikap kasih sayang
dan peduli terhadap sesama di kehidupan sehari-hari.
-
Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menerangkan kembali secara sederhana
baik lisan maupun tulisan tentang pengertian makhluk hidup dan ciri-cirinya.
-
Setelah
mendengarkan dongeng yang diceritakan guru, siswa dapat menceritakan kembali
dongeng tentang makhluk hidup secara sederhana.
-
Setelah
kegiatan eksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan
makhluk hidup.
-
Setelah
kegiatan eksplorasi, siswa dibentuk kelompok dan siswa diharapkan mampu
menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
E.
MATERI
-
Mengenal
pengertian makhluk hidup dan ciri-cirinya.
-
Mengenal
tentang apa saja yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
-
Buku
dongeng binatang (Kancil, Buaya, dll).
-
Tumbuhan
atau hewan di sekitar sekolah.
-
Potongan
kertas kecil untuk menggolongkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
F.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Tekhnik : Example
non Example
Metode : Ceramah, demonstrasi, percobaan,
dan penugasan.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
-
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
-
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu
yang relevan.
-
Guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam
mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 Menit
|
Inti
|
-
Di awal
pembelajaran, siswa di beri instruksi untuk meletakkan 1 jari di bawah lubang
hidung masing-masing untuk merasakan nafasnya sendiri.
-
Guru
mengajukan pertanyaan terbuka “apa yang dirasakan?”
-
Guru
memberi penjelasan kepada siswa tentang pengertian makhluk hidup yang
diciptakan Tuhan dan memberi penjelasan bahwa sesama makhluk hidup harus
saling menyayangi.
-
Guru
menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
-
Guru
mengajukan pertanyaan terbuka kepada siswa “Apa pengertian makhluk hidup? dan
apa saja ciri-cirinya?”
-
Perintahkan
kepada siswa untuk menuliskan jawaban mereka di kertas, guru memanggil siswa
secara acak dan memberi perintah untuk membacakan jawaban mereka.
-
Guru
menjelaskan tentang ciri-ciri makhluk hidup dan kebutuhannya.
-
Guru
memberi instruksi kepada siswa untuk mendengarkan dongeng yang akan dibacakan
oleh guru dan memberi perintah kepada siswa untuk menyimpulkan dongeng secara
sederhana.
-
Guru
memberi perintah kepada siswa untuk keluar kelas selama 10 menit dan mencari
satu makhluk hidup (hewan atau tumbuhan) di sekitar sekolah. Tugaskan mereka
untuk mengamati dan menuliskan apa saja ciri-ciri makhluk hidup yang mereka
dapatkan.
-
Setelah
masuk kelas, siswa di bentuk kelompok berisi 3-5 orang.
-
Guru
memberi perintah kepada masing masing kelompok untuk menyusun kertas-kertas
yang sudah disiapkan guru. Kertas tersebut berisi tentang ciri-ciri makhluk
hidup.
-
Guru
memberi perintah kepada siswa untuk mengumpulkan kertas-kertas yang sudah di susun
-
Guru
memberi reward berupa tepuk tangan kepada kelompok yang sudah menyusun
ciri-ciri makhluk hidup secara tepat.
|
150 Menit
|
Penutup
|
-
Guru mengajukan pertanyaan terbuka kepada para
siswa tentang kegiatan hari ini; Apa yang di maksud dengan makhluk hidup?,
Apa ciri-cirinya? (Spesifikasikan dengan menyebut nama salah satu binatang.
Contoh: Kucing), Kegiatan apa yang paling di sukai dan mengapa?.
-
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya.
-
Guru menyampaikan pesan moral kepada siswa untuk
saling menyayangi sesama makhluk hidup.
-
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengamati
makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) di sekitar rumahnya.
Pengayaan:
-
Siswa mengamati kembali makhluk hidup baik yang
berada di sekitar rumah atau di sekolah dan sebutkan ciri-cirinya.
Remedial:
-
Kegiatan remedial diberikan dengan memperhatikan
kebutuhan siswa secara individu. Guru memberikan soal-soal latihan kepada
siswa disesuaikan dengan kebutuhannya.
|
15 Menit
|
H.
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Sumber belajar:
a. Buku .
b. Buku dongeng binatang.
c. Media elektronik
2. Alat:
a. Potongan kertas-kertas kecil berisi
ciri-ciri makhluk hidup.
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilaian Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dalam kegiatan menyusun kertas-kertas
perkelompok.
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Sikap.
- Penilaian Proyek.
b.
Penilaian Hasil Belajar
-
Esai (Hasil pengamatan di rumah)
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
Serang,
30 Oktober 2016
Guru/Wali
Kelas,
Sepriyanti
|
No comments:
Post a Comment