Monday, December 5, 2016

RPP Tematik Kelas 2 SD: Ciri-Ciri Makhluk Hidup



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN Kota Baja
Kelas/Semester         : 2/1
Tema                         : Makhluk hidup (Tema 1)
Sub Tema                  : Ciri-Ciri Makhluk hidup (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       : 1
Alokasi waktu           : 1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

AGAMA
1.      Menerima keesaan Allah Swt. berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
2.      Menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli terhadap sesama sebagai cerminan dari iman.

BAHASA INDONESIA
1.      Mengenal teks deskriptif tentang makhluk hidup dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2.      Memahami dongeng tentang makhluk hidup yang dilisankan.

IPA
1.      Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang memengaruhi perubahan pada makhluk hidup.


C.    INDIKATOR

AGAMA
1.      Menjelaskan makhluk hidup ciptaan Tuhan yang berada di lingkungan sekitar.
2.      Mengaplikasikan sikap dan kasih sayang dan peduli terhadap sesama.

BAHASA INDONESIA
1.      Menerangkan secara sederhana baik lisan maupun tulisan tentang pengertian makhluk hidup dan ciri-cirinya.
2.      Menceritakan kembali dongeng tentang makhluk hidup secara sederhana.

IPA
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
2.      Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.

D.    TUJUAN
-          Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan makhluk hidup ciptaan Tuhan yang berada di lingkungan sekitar.
-          Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mengaplikasikan sikap kasih sayang dan peduli terhadap sesama di kehidupan sehari-hari.
-          Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menerangkan kembali secara sederhana baik lisan maupun tulisan tentang pengertian makhluk hidup dan ciri-cirinya.
-          Setelah mendengarkan dongeng yang diceritakan guru, siswa dapat menceritakan kembali dongeng tentang makhluk hidup secara sederhana.
-          Setelah kegiatan eksplorasi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
-          Setelah kegiatan eksplorasi, siswa dibentuk kelompok dan siswa diharapkan mampu menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.

E.     MATERI
-          Mengenal pengertian makhluk hidup dan ciri-cirinya.
-          Mengenal tentang apa saja yang dibutuhkan oleh makhluk hidup.
-          Buku dongeng binatang (Kancil, Buaya, dll).
-          Tumbuhan atau hewan di sekitar sekolah.
-          Potongan kertas kecil untuk menggolongkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.

F.     PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Tekhnik           : Example non Example
Metode            : Ceramah, demonstrasi, percobaan, dan penugasan.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu






Pendahuluan

-          Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
-          Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
-          Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
-          Guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.







10 Menit












Inti

-          Di awal pembelajaran, siswa di beri instruksi untuk meletakkan 1 jari di bawah lubang hidung masing-masing untuk merasakan nafasnya sendiri.
-          Guru mengajukan pertanyaan terbuka “apa yang dirasakan?”
-          Guru memberi penjelasan kepada siswa tentang pengertian makhluk hidup yang diciptakan Tuhan dan memberi penjelasan bahwa sesama makhluk hidup harus saling menyayangi.
-          Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
-          Guru mengajukan pertanyaan terbuka kepada siswa “Apa pengertian makhluk hidup? dan apa saja ciri-cirinya?”
-          Perintahkan kepada siswa untuk menuliskan jawaban mereka di kertas, guru memanggil siswa secara acak dan memberi perintah untuk membacakan jawaban mereka.
-          Guru menjelaskan tentang ciri-ciri makhluk hidup dan kebutuhannya.
-          Guru memberi instruksi kepada siswa untuk mendengarkan dongeng yang akan dibacakan oleh guru dan memberi perintah kepada siswa untuk menyimpulkan dongeng secara sederhana.
-          Guru memberi perintah kepada siswa untuk keluar kelas selama 10 menit dan mencari satu makhluk hidup (hewan atau tumbuhan) di sekitar sekolah. Tugaskan mereka untuk mengamati dan menuliskan apa saja ciri-ciri makhluk hidup yang mereka dapatkan.
-          Setelah masuk kelas, siswa di bentuk kelompok berisi 3-5 orang.
-          Guru memberi perintah kepada masing masing kelompok untuk menyusun kertas-kertas yang sudah disiapkan guru. Kertas tersebut berisi tentang ciri-ciri makhluk hidup.
-          Guru memberi perintah kepada siswa untuk mengumpulkan kertas-kertas yang sudah di susun
-          Guru memberi reward berupa tepuk tangan kepada kelompok yang sudah menyusun ciri-ciri makhluk hidup secara tepat.












150 Menit













Penutup
-          Guru mengajukan pertanyaan terbuka kepada para siswa tentang kegiatan hari ini; Apa yang di maksud dengan makhluk hidup?, Apa ciri-cirinya? (Spesifikasikan dengan menyebut nama salah satu binatang. Contoh: Kucing), Kegiatan apa yang paling di sukai dan mengapa?.
-          Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
-          Guru menyampaikan pesan moral kepada siswa untuk saling menyayangi sesama makhluk hidup.
-          Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengamati makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) di sekitar rumahnya.

Pengayaan:
-          Siswa mengamati kembali makhluk hidup baik yang berada di sekitar rumah atau di sekolah dan sebutkan ciri-cirinya.

Remedial:
-          Kegiatan remedial diberikan dengan memperhatikan kebutuhan siswa secara individu. Guru memberikan soal-soal latihan kepada siswa disesuaikan dengan kebutuhannya.













15 Menit
H.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Sumber belajar:
a.       Buku .
b.      Buku dongeng binatang.
c.       Media elektronik
2.      Alat:
a.       Potongan kertas-kertas kecil berisi ciri-ciri makhluk hidup.

I.       PENILAIAN
1.      Prosedur Penilaian
a.      Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dalam kegiatan menyusun kertas-kertas perkelompok.
2.      Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Sikap.
- Penilaian Proyek.
b.      Penilaian Hasil Belajar
- Esai (Hasil pengamatan di rumah)






Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
Serang, 30 Oktober 2016
Guru/Wali Kelas,



Sepriyanti


No comments:

Post a Comment