Friday, December 30, 2016

Filosofi Ikan Salmon



Ikan salmon adalah satu-satunya ikan yang memiliki siklus hidup luar biasa. Sebelum umur 3 tahun, dia hidup di sungai, lalu dia akan bermigrasi kelautan yang luas, dan setelah waktunya tiba, dia akan kembali ketempatnya dilahirkan untuk berkembang biak dan mati. Mereka berani mati demi meneruskan generasinya. Kita sebagai manusia tidaklah jauh berbeda. Kita lahir, menjalani kehidupan, lalu kitapun akan kembali kepadaNYA. Ingatlah. Kita pasti akan meninggal. Jadi, gunakan waktu sebaik-baiknya dan jangan sampai menyesal.
Dia mungkin tahu 10% kemungkinan hidup telurnya. Dia juga tahu jika setelah itu dia akan mati. Tapi dia tidak kalau dalam perjalanan terdahulu. Saat menuju air tawar untuk berkembang biak, ian salmon  harus berenang cepat dan membutuhkan tenaga yang hebat melawan arus, kadang harus mendaki air terjun. Derasnya aliran dan bebatuan mereka harus berenang melewati air dangkal yang membuat siripnya muncul keatas permukaan air. Air dangkal dipenuhi oleh burung, dan beruang.Pantang menyerah. sungguh kegigihan yang luar biasa. Dibutuhkan fokus dan semangat yang tinggi.
Tantanglah arus, maka kau akan menjadi besar. Maksudnya, salmon dikenal sebagai ikan yang mahal. Salmon berenang melawan arus, jadi jika kita ingin menjadi orang besar, lawanlah arus selama sesuatu yang kita tuju itu benar.
Selain itu, bahwa keberhasilan salmon mempertahankan generasinya bukanlah terletak pada kekuatan strategi dan proses semata, akan tetapi pada kekuatan nilai yang membuat strategi dan proses yang berjalan sempurna.



No comments:

Post a Comment