“Jagalah kata-kata dan
bahasa yang baik. Jangan pernah merendahkan harga diri, hanya karena suka
berkata-kata yang tidak baik.” ~Djajendra~
Berbahasa yang baik dan berbicara yang
positif adalah cara untuk menaikkan reputasi dan kredibilitas. Berbicaralah
yang pantas agar orang-orang yang mendengarnya menghormati Anda. Kesadaran
untuk berbahasa yang baik dan positif, akan meningkatkan kualitas Anda di dalam
interaksi dengan berbagai pihak. Kata-kata baik akan menavigasi jalan kehidupan
Anda menuju kebaikan dan kesuksesan.
Berbicara yang baik dan yang pantas adalah
sebuah kebutuhan. Bila Anda ingin berkomunikasi dan berinteraksi dengan
berkualitas, maka kuasai cara berbicara, kuasai kata-kata positif. Semua
kata-kata baik dan positif mengandung energi kasih, sehingga Anda dapat
terhubung dengan damai dan bahagia kepada siapapun. Cara berbicara yang pantas
dan positif membangun hubungan baik yang saling menguntungkan.
Komunikasi yang efektif berarti mampu
memfokuskan diri secara positif, sesuai dengan kebutuhan yang ingin dicapai
dari komunikasi tersebut. Ketenangan sikap dan perilaku, serta kecerdasan emosi
agar tidak berkomunikasi secara destruktif, adalah cara terbaik untuk
menciptakan hubungan baik. Pastikan cara berbicara Anda tidak terlalu berapi-api,
penuh emosi marah, mengoceh tanpa arah, dan mengomel tanpa mendengarkan orang
lain. Jagalah komunikasi positif dan ciptakan suasana hati yang tenang dalam
setiap pembicaraan Anda.
Ketika Anda berbicara yang pantas dan sesuai
kebutuhan, Anda akan menjadi energi baik yang membuat batin orang yang
mendengarkan Anda itu damai, sehingga dia dengan senang hati akan membantu dan
melayani Anda. Berbicara dengan orang lain merupakan interaksi dua energi yang
saling membutuhkan kebaikan. Bila Anda mampu memberikan kebaikan dengan
kata-kata positif, ekspresi bahasa tubuh yang santun, dan tata bahasa yang
tepat, maka hubungan baik pasti terbangun dengan sempurna.
Berkomunikasilah dengan energi baik. Bila
sejak bangun pagi Anda sudah mengisi diri Anda dengan kata-kata baik dan
pikiran positif, maka pada hari itu Anda pasti mampu berkomunikasi dengan
positif, sehingga mampu menghasilkan kepuasaan dan kesenangan dengan
orang-orang yang berkomunikasi dengan Anda. Jangan pernah menyakiti siapapun
dalam komunikasi Anda. Jagalah kata-kata baik, walau orang yang sedang
berbicara dengan Anda itu sedang tidak sopan. Jadilah lebih tenang, lebih
santai, dan lebih belajar dari sesuatu yang tidak sopan. Tetaplah menjadi
pribadi positif yang penuh kasih, walau emosi negatif dari lawan bicara Anda
sedang bergejolak tanpa arah.
Jangan pernah terjebak dalam komunikasi yang
buruk. Bila Anda membiarkan komunikasi Anda di dalam energi negatif, maka Anda
akan menghasilkan hubungan yang buruk. Yakinkan diri Anda bahwa apapun realitas
emosi negatif yang sedang menekan komunikasi Anda; maka Anda tidaklah boleh
marah, benci, atau merasa kecewa. Anda harus selalu bisa menjaga diri dan tetap
di dalam kesadaran tertinggi untuk berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu,
apapun realitas komunikasi Anda pastikan bahwa Anda mampu menjadi energi baik
untuk mengalirkan komunikasi yang lebih tenang, lebih santai, penuh kasih,
ramah, penuh senyum, tegas dan jelas.
Komunikasi yang baik tidak membawa rasa
khawatir, tetapi membawa solusi dan jalan keluar terbaik. Berbicaralah hanya
untuk kebaikan, jadilah penuh kasih di setiap pembicaraan, sehingga mampu
menemukan hal-hal baik, untuk saling membantu dan saling berkontribusi melalui
komunikasi positif.
Tidaklah perlu berbicara untuk hal-hal yang
tidak dibutuhkan. Berbicaralah hanya untuk meningkatkan kualitas kebaikan.
Hindarkan diri Anda untuk membicarakan segala sesuatu yang tidak baik, sebab
kata-kata Anda yang tidak baik itu hanya akan menjadikan Anda gagal untuk
mencapai kualitas hidup yang lebih baik.
Orang-orang baik adalah dia yang berucap dan
berbahasa santun, sehingga menjadi energi positif yang mengkontribusikan
hal-hal baik, untuk kehidupan yang lebih damai dan bahagia. Orang-orang tidak
baik adalah mereka yang hobinya bersumpah, mengutuk, meluapkan marah,
memfitnah, dan merusak kedamaian dengan kata-kata jelek. Orang-orang tidak baik
adalah energi negatif yang menjadi akar kerusakan hidup, sehingga merekalah
yang menjadi penyebab munculnya konflik, dan berbagai hasil negatif dari sebuah
komunikasi yang gagal.
Berbicara adalah salah satu alat komunikasi
yang paling penting. Setiap orang yang terhubung selalu saling berbicara. Bila
setiap orang yang berbicara mampu berbicara dengan kata-kata baik dan bahasa
tubuh yang santun, maka berbagai kebaikan pasti dihasilkan dari pembicaraan
tersebut.
No comments:
Post a Comment