Tuesday, December 19, 2017

Suka Duka Menjadi Kekasih Polisi



Sebelum gue bahas suka dukanya, ada baiknya lo tau pengertian dari polisi itu sendiri. Polisi adalah pranata umum sipil yang menjaga ketertiban, keamanan, dan penegakan hukum di seluruh wilayah negara. Dalam UU No. 28 tahun 1997 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dijelaskan bahwa tugas utama polisi adalah sebagai alat negara penegak hukum, sebagai pengayom dan memberikan perlindungan dan pelayanan masyarakat bagi tegaknya ketentuan peraturan perundang-undangan, membina ketentraman masyarakat dalam wilayah negara guna mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, dan membimbing masyarakat demi terciptanya kondisi yang menunjang terselenggaranya usaha dan kegiatan mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Well, dari pengertian tersebut kiranya lo bisa menyimpulkan sendiri What the Police Is?. Dan kali ini gue akan bahas apa aja suka duka jadi pacar polisi.
Pada saat pacaran dengan polisi, banyak sekali tanggapan negatif meskipun ada beberapa juga yang memberi tanggapan positif. Dan ini juga menjadi suka duka gue yang selama ini gue rasain. Ok,Let’s check these out:

  • ·         Ngapain sih lo pacaran sama polisi? Polisi kan suka makan uang haram dari hasil tilang”

I just wanna say that YOU KNOW NOTHING. Polisi itu gak semuanya suka makan uang hasil tilang kok. Itu hanya kelakuan salah satu oknum yang kepepet aja. Contohnya kayak kita aja nih ya, di dunia ini, populasi manusia berjumlah sekian juta milyar trus ada salah satu manusia yang kerjaannya jadi maling. Entah dia maling karena kepepet atau gimana, tapi karena 1 orang tersebut, kita gak bisa dong ngambil kesimpulan kalo semua manusia itu adalah maling. How can, buddy?. Ditambah pacar gue itu bukan orang dari SATLANTAS, That’s impossible. Trus ada tanggepan kenapa gue pacaran sama polisi? Itu pertanyaan paling aneh. Kenapa aneh? Logikanya, kita tidak bisa mengatur kepada siapa kita jatuh cinta, jadi rasanya aneh kalo perasaan yang kita rasain itu disangkutpautkan dengan suatu profesi. Teu nyambung wa. Jika cinta sudah berbicara, siapapun dia, kita pasti takkan mampu menahan gejolak untuk tidak jatuh hati padanya apalagi jika si dia yang kita cinta itu memiliki perasaan yang sama *oke ini kayaknya rada lebay*. Emang apa salahnya? Gue aja gak pernah ngomong ke orang “Eh ngapain sih lo pacaran sama pilot?”, “Eh ngapain sih lo pacaran sama nakhoda?”, “ngapain sih lo pacaran sama manusia?”.

  • ·         “Lo pacaran sama polisi ya? ih beruntung banget. Coba kenalin dong gue sama temen pacar lo”

Astaga dragon, awalnya sih enak, tapi ujung-ujungnya minta dikenalin. Well, sorry sorry aja gue itu bukan HRD di agen penyalur jodoh. Gue gak bisa ngenalin sembarangan orang ke temen-temen doi. Lagian temen-temen doi semuanya udah punya pacar sendiri. Kalopun mereka belum punya, I can’t do that. Kenapa? Karena gue pikir, cinta itu bukan sesuatu yang bisa dipaksakan. Jadi biarin aja mereka para bapak polisi untuk mengembara mencari bidadarinya sendiri. Kecuali, kalau temen-temen doi ada omongan minta kenalan, nah baru tuh gue kenalin.

  • ·         “Pacar lo kan polisi, bisa dong bantuin gue. Gue sekarang kena tilang nih”.

Kejadian ini sering banget gue terima. Kayak waktu lagi tidur tiba-tiba hp bunyi. “Sepri, tolongin gue. Gue kena tilang. Motor gue diambil. Tolongin gue. Pacar lo polisi kan?”, gue kemudian tanya “Hmm, tapi emang lo kenapa bisa ditilang gitu?”, dia jawab“Gue cuma ngelawan arus trus ga sengaja nerobos lampu merah, gue gapake helm karena gue takut konde gue rusak. SIM sama STNK juga lupa gue bawa. Soalnya ada di dompet dan dompetnya gue lupa bawa”. Rasanya pengen banget gue bilang “What the hell did u said to me?  That’s your fault. Ma boyfriend can’t help you”. Pacar gue emang polisi, tapi dia bukan KAPOLSEK, KAPOLRES, KAPOLDA, atau KAPOLRI. Gak bisa nolongin kayak begitu-begitu apalagi itu salah lo sendiri. Cobalah untuk selalu menaati peraturan sis.

  • ·         Enak ya jadi lo. Pacaran sama polisi. Gak perlu bikin SIM”

Anak Bapak RI no. 1 aja harus punya SIM, Anak jenderal aja harus punya SIM, gak ada orang yang kebal hukum. Semua diperlakukan sama di negara ini. Lama-lama kok gue jadi sarkas ya? Haha. Bukan bermaksud untuk sarkas sih cuma kadang suka kesel aja dibilang begitu, Jadi, yang ngerasa pernah bilang kayak gini ke gue, I swear that you don’t have idea.

  • ·         Ngapain milih polisi? Nanti kalau nikah trus ada berantem, bisa ditembak lho”

Demi apapun gue kaget waktu di omong begini. Dan yang ngomong begini adalah dosen gue sendiri. Jadi ceritanya si dosen itu lagi ngobrol santai dan bahas-bahas pacar di kelas. Trus ada salah satu temen julid gue yang bilang “Nih bu, pacaran sama polisi”, kemudian dosen gue bilang “ngapain milih polisi, apa gak takut ditembak?”.Gue yang diomong begitu cuma senyum-senyum kecut dan sama sekali gak gue jawab. Padahal dalem hati, batin gue ngomongInsyaAllah bu, pacar saya itu orang baik. Dia bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk”.
Itu sekelumit pandangan-pandangan orang sama gue, terus apa sih suka dukanya yang gue rasain selama sama doi?

  • ·  Walaupun kita gak LDR-an, tapi kita saling berjauhan satu sama lain

Yap! Ini bener banget. Dengan tugas yang dia emban, bikin dia jarang pulang padahal kita masih tinggal di 1 provinsi yang sama. Ditambah dengan posisi gue yang kuliah sambal ngajar. Kalau lagi sama-sama sibuk, chat kita bisa dihitung pakai jari. Tapi kita juga selalu menyempatkan untuk komunikasi via telfon. Ini biasanya telfonan pas malem-malem. Pas kita udah sama-sama mau istirahat gitu baru kita nyempetin waktu buat telfonan hanya sekedar untuk menanyakan kabar dan gimana kerjaan kita di hari itu. Aduhhh siapa yang taro bawang disiniiii???? :’(((((((((((((
  • · Keberadaan doi yang jauh, bisa bikin gue cemas dan membawa pada stress tingkat tinggi
Gak jauh banget sih. Kita masih 1 provinsi. Jarak yang ada hanya beberapa puluh km aja. Tapi karena tugas dia yang 24 jam kudu Standby dan jarang pulang, itu kadang suka bikin khawatir. Takut dia disana kenapa-kenapa, takut dia sakit, takut dia diapa-apain orang. Ya walaupun gue tau kalo dia bisa jaga diri, tapi kekhawatiran itu gatau kenapa suka muncul dan bersemayam sendiri.
  • ·  Pacaran dengan polisi itu gak seromantis yang kalian bayangkan
Ini beneran. Mungkin karena wibawa dia yang terlanjur terbawa di kehidupan sehari-hari, itu bisa dijadikan alasan kenapa dia gak seromantis pria-pria yang lain. Seperti si doi. Doi gak pernah membual atau ngerayu pake kata-kata manis, karena menurutnya itu hanya basa-basi dan gak penting. Dia lebih suka mengungkapkan apa yang dia rasa melalui aksi nyata. Cieelah. Kayak waktu itu gue pulang les, doi jemput dan ngasih coklat. Waktu gue ngoreksi UAS anak-anak, doi dateng untuk bantu ngoreksi dan lagi-lagi bawa coklat. Aduh sayang, kamu itu udah manis, kok bawa yang manis-manis? Kamu pengen aku diabetes ya? hahaha.
  • ·  Gue harus mampu menempatkan diri
Menempatkan diri disini maksudnya adalah: 1) Jangan manja, 2) Jangan banyak menuntut, 3) Jangan banyak mau, 4) Wajib sabar, 5) Harus banyak mengalah, 6) Harus tahu diri,dan 7) Harus tahan kalau ditinggal tugas, dimana tugas tersebut mengharuskan dia untuk berangkat ke tempat-tempat yang jauh dan terisolir. Pernah juga waktu itu, gue sama doi janjian mau ketemuan untuk quality time, tiba-tiba doi dapet panggilan dari negara untuk bertugas. Aduh beneran ini sedih syekaleh. Doi langsung nelfon dan bilang maaf berkali-kali, sampe dia mau pergi tugas aja, doi masih chat untuk minta maaf. Yaampun sayang aku gapapa kok, kan kita masih bisa ketemu di lain hari :’).
Teruntuk kamu, sayangku, yang mungkin sedang baca tulisan aku, aku bangga lho sama kamu. Tetap semangat terus dalam menjalankan tugas ya sayang. semoga selalu diberi kesehatan dan juga keselamatan. I love you to the neptunus and back, sweetiepie♥♥♥♥♥♥♥♥♥.
Ok gengs, Sampai disini dulu ya tulisan gue kali ini. Maaf kalo kepanjangan dan bikin mual. Ini semua based on my true story. Oh iya, sebagai manusia, kita harus saling menghargai. Karena itulah, tolong untuk tinggalkan jejak kalian di kolom komentar. Si Aceng bawa kayu, tengkyu

34 comments:

  1. Itu point yg pertama parah bgt yah

    ReplyDelete
  2. Itu point yg pertama parah bgt yah

    ReplyDelete
  3. sedih bgt, jadi bingung gue😭

    ReplyDelete
  4. Hahaha banyak sabar dan saling percaya... Masih mendinglah yg mash 1 kota dan 1 provinsi ... Kalo aku beda kota .. Kami LDR tapi ya saling menjaga satu sama lain 😉😉😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Sabar terus walaupun kadang doi bener2 kena moodswing grgr banyak kerjaan😂
      Aku juga beda kota mbak, cuma masih dalam 1 provinsi gitu hehehe

      Delete
  5. Saya malah LDR beda kota sekarang.. Karna konflik pemilihan presiden ��
    Behhh sabarnya berlipat2 say..
    Belum lagi kasiannya.ngeliat dia kadang ngirim foto lagi tidur ditrotoar, tidur ditangga depan polres, duhh.. It makes me cry��
    Tapi, gimanapun kita emang harus sabar.. Karna udah resikonya juga :')
    Buat yg masih mikir pacaran sama polisi itu yg enak2 nya aja,you are 10000% wrong ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ditugasin di Jakarta gitu mbak? Sedih bgt nih pasti huhu :( untung pacarku ga kena tugas kesana. Alhamdulillah😀

      Iya tuh mbak bener bgt. Yg bikin sedih tuh kalo dia tugasnya lg padat trus tiba2 kondisi tubuh dia down. Aduh udah deehh itu asli sedih banget :(

      Delete
  6. Semoga saja tidak main perempuan lain pak polnya.. Setauku harus nurut sama atasan, kalo atasan ke club ya mesti nurut, kalo atasan main prempuan ya begitu juga mgkin

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Hwaa akhirnya ada yang satu nasib sm aku😭😭 aku baru 5 bulan pacaran sm polisi,dan berat buat aku solanya gapernah pacaran ditinggal2 sebelumnya.Kuncinya emang harus super sabar & jangan sampe ngeganggu dia kerja❤️❤️❤️
    Semangat terus mbaak🥰🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak betul. Seperti kataku tadi, harus bisa menempatkan diri hehehe
      Waaahh selamat ya mbak, semoga langgeng terus. Aku sekarang udh 3 tahun pacaran sama doi😂

      Delete
  9. Aku juga gitu, kadang bkin nyesek sendiri, apalagi sekarang indonesia lagi ricuh dimana-mana... Aku fi sumatera selatan, dia d papua. Y Allah bisa d bayangkan LDR segitu jauhnya, kadang dia kirim foto2 lgi tidur dimana-mana.. Kudu sabar, kudu bisa ngerti kesibukannya, dan gak jadi cewek manja. Kadang kesel sendiri sih, dan curiga pasti ada.. Tapi ini tergantung bagaimana kita mmpertahankannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak.
      Namanya perempuan, rasa khawatir, takut, cemburu, itu wajar. Tinggal kitanya aja mau mengelola perasaan itu atau mau nurutin ego?

      Kalau ego kita dikelola, insyaAllah semuanya baik2 aja. Tp kalau kita nurutin ego, udah deh gatau lagi.


      Aku jg kadang suka sebel tp saat2 sebel itu aku nyobamnyoba diri kalau aku jadi dia. Udah kerja capek, ditambah pusing grgr pacar yg gak ngerti. Jadilah aku turunin ego aku dan nurutin maunya dia (selama itu baik).


      Semangat terus ya kak. Semoga langgeng sama abangnya. Semoga penantian kalian berbuah manis. Aamiin 🤗

      Delete
  10. Hemm musti sabar yaaa :( aku ladang suka marah kalo dia lagi gak chat aku sekarang dia di jkt pengamanan suka tidur sembarangan di trotoar di rumput rumput sering di kasih pap ggtu :( kadang ndak tega tapi kadang akunya suka banget marah aku gak tau harus gimna,dulunya aku pengertian banget tapi sekarang masya allah baeaannya marah setiap dia gkkada kabar padahal hpnya mati total karrna 2 hri gak balik mes karrna lagi rame renya demo 😥😥😥😥 so sadddddd :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya perempuan, rasa khawatir, takut, cemburu, itu wajar. Tinggal kitanya aja mau mengelola perasaan itu atau mau nurutin ego?

      Kalau ego kita dikelola, insyaAllah semuanya baik2 aja. Tp kalau kita nurutin ego, udah deh gatau lagi.


      Aku jg kadang suka sebel tp saat2 sebel itu aku nyoba memposisikan diri kalau aku jadi dia. Udah kerja capek, ditambah pusing grgr pacar yg gak ngerti. Jadilah aku turunin ego aku dan nurutin maunya dia (selama itu baik).


      Semangat terus ya mbak. Semoga langgeng sama masnya. Semoga penantian kalian berbuah manis. Aamiin 🤗

      Delete
  11. Pacar saya sekarang lagi jagain yang lagi demo mahasiswa saya takut dia kenapa kenapa :(

    ReplyDelete
  12. Makasih ya udah nambahin semangat dan ngingetin aku, sekedar curhat, aku skrg lagi di masa2 jenuh meskipun udah hampir 3 tahun pacaran tp semakin lama malah semakin capek rasanya karena semenjak LDR beda pulau tambah sering dicuekin, bisa dua hari ga ngechat kalo aku g ngechat duluan, rasanya kaya ga punya pacar, udah gitu kalo kenapa2 dia ga cerita kan khawatirnya jadi tambah2..
    Yaudahlah, sekarang kudu lebih banyak sabarnya,toh kalo emang jodoh, pasti Allah kasih jalannya yang terbaik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenuh itu wajar mbak. Tp jgn sampai jenuh dijadikan alasan utk berpisah.
      Sabar dan semangat terus ya mbak. Itung2 latihan ditinggal2 sebelum nikah 🤗

      Delete
  13. Makasih ya udah nambahin semangat dan ngingetin aku, sekedar curhat, aku skrg lagi di masa2 jenuh meskipun udah hampir 3 tahun pacaran tp semakin lama malah semakin capek rasanya karena semenjak LDR beda pulau tambah sering dicuekin, bisa dua hari ga ngechat kalo aku g ngechat duluan, rasanya kaya ga punya pacar, udah gitu kalo kenapa2 dia ga cerita kan khawatirnya jadi tambah2..
    Yaudahlah, sekarang kudu lebih banyak sabarnya,toh kalo emang jodoh, pasti Allah kasih jalannya yang terbaik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sy bantu aamiinkan ya mbak.

      Semoga mbak sama masnya langgeng terus😊🤗

      Delete
  14. Baca ini, berasa punya temen yang satu frekuensi. Bener banget, harus banyak sabar.Apalgi denger temen toxic yang bilang "ngapain si nungguin dia, emang dia nungguin kamu?" Kata2 mereka sering bikin down. Aku sama doi emang beda pulau. Dia di maluku, aku di jawa. Mereka gatau susahnya sabar dan ga munculin pikiran negatif ditambah khawatir dengan kondisi indonesia sekarang. Emang ya, saat paling kesel itu ketika ga dikasih kabar. Sekali kirim kabar, malah sad 😭
    Banyak2in sabar, insyaallah kalau emang jodoh dikasih jalan sama allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti kata pepatah, orang2 punya mulut untuk berbicara dan kita punya dua tangan untuk menutup telinga.

      Ambil masukan atau pendapat yg baik, hiraukan pendapat2 yg sekiranya menyakiti hati.
      Juga, sekedar sharing, kalau tau temannya begitu, mbak jgn ada curhat2 lagi. Temukan benar2 teman yg mau diajak berbagi.

      Kadang kita cerita itu hanya ingin didengarkan, bukan utk dinasehati. Tp kadang ada juga teman yg gak ngerti. Langsung aja disuruh udahan pdhl kita cuma pgn cerita aja.


      Sabar dan semangat terus ya mbak. Semoga nanti penantian mbak berbuah manis 🤗

      Delete
  15. Aku yang baru beberapa hari ngejalin hubungan aja rasanya udah strees kak ditinggal" tugas mulu 🙁 tugas jg istirahatnya terbatas trs mata sampe keliatan bgt kurang tidurnya.. nelfon hrs tengah malem.. aku libur srh dia habisin buat istirahat dia malah mintanya buat ketemu.. kadang kesel kadang ga tega 😭 dia nyemangatin aku, aku jg nyemangatin dia.. ga mudah emang ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe
      Iya emang gitu kak. Aku jg ngalamin. Semangat ya! Nanti juga terbiasa.

      Delete
  16. terimakasih banyak yaaaa, baca ini jd tambah semangattt🤗❤️ aku jg lagi deket sm brimob, kita ldr aku dibekasi dia dpt tugas di batam... kadang suka bt sih kalo dia suka ilang ilangan, bales lama,
    cuman ngecoba buat ngertiin aja sih..... ngecoba buat sabar❤️

    utk smua nya yg disini, semangat terussss, smg langgeng sampai sah yaaaaa❤️🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar dan semangat terus mbak,semoga mbak jg langgeng sama abangnya yaa🤗

      Delete
  17. Ternyata bener ya pacaran sm polisi tuh kudu sabar dan pengertian yg luar biasa. Jarang bngt quality time, berasa LDR an pdhl tinggal 1 kota. Makasih banget sudah share pengalaman nya. Sebelum aku baca blog ini, aku sering overthinking sm pacar aku krn jarang pulang, jarang ketemu. Klo komunikasi sih lancar. Dan bnr bngt yg km tulis, do'i sering moodswing parah gara2 masalah kerjaan, entah sama atasan atau sm client.
    Suka sedih sih ga bisa pacaran kyk orang2 dgn bebas kapanpun.
    Dan 1 lagi sama prnh mau staycation, baru jg sampe tmptnya udh di telp suruh dtg sm atasan nya.. Lgsg badmood seketika..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah mbak.
      Secara ga langsung, kita lg dididik juga sih utk terbiasa. Ilangin overthinkingnya, banyakin sabarnya. Memang sulit bgt sih utk dijalani, ga segampang kita ngetik tp ya memang harus begitu.
      Aku skrg udh nikah dan alhamdulillah sdg hamil. Selama hamil ditinggal2 terus, kadang sedih tp ya mau gimana lagi😂 benar2 sudah terbiasa sekarang. Udah dibiasain dari jaman pacaran ditinggal2 tugas😁😁

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Tulisan mba mewakili sekali, sekaligus jadi penyemangat.
    Btw sedikit curhat, aku udah 6 bulan pacaran sama polisi, aku yg manja dan dia si tegas, si super detail, yg sering banget moodswing serta jarang sekali romantis.
    Sampai sekarang kami sama2 komit utk saling ngabarin sesibuk apapun. Dan mengusahakan untuk ketemu sekali seminggu, karna kami sama2 berada di 1 kota.
    Tapi terkadang kami berantem, dan paling sering karna hal2 yg sebenarnya simpel. Akhir2 ini makin sering banget malah, seminggu bisa 2x. Wkwk
    Bersyukurnya masih bisa diskusi bareng setelah kasi ruang masing2, tapi tak jarang juga dalam diskusi itu ada perdebatan yang memakan waktu panjang.
    Karna tak jarang dia mengeluarkan kalimat yg agak kasar dan akupun jadi terpancing begitu.
    Pada akhirnya belajar untuk menerima sifat masing2, berusaha untuk berbaikan lagi dan saling memperbaiki diri.
    Gak bisa berantem lama2, paling lama 3 hari. Wkwk
    Sekarang ini overthinkingnya ya itu, udah saling ngenalin ke keluarga masing2, udah saling tau sifat masing2, tapi ya masi selalu mikir, bisa ga ya menerima sifat dia yg terkadang keras, dan satu lagi merasa blm siap untuk ditinggal2 kalo seandainya dia sering tugas keluar kota nantinya.
    Sering kepikiran, apa sih yg pada akhirnya membuat mba yakin memutuskan untuk menikah dengan seorang polisi?
    Aku lagi bingung banget nih, karna untuk memulai hubungan dengan orang baru adalah hal tersulit bagiku.
    Thx before mba. ��

    ReplyDelete